Skip to content

surat pembaca online

Suarakan Keluh Kesahmu lewat Surat pembaca

Baru-baru ini saya mengajukan klaim (ref no 2012c1699) atas asuransi kesehatan saya yang terdaftar di chartis insurance, sebelum saya mengirimkan berkas, terlebih dahulu saya confirm ke contact centernya untuk memastikan tidak ada berkas yang kurang atau keliru. Semua berkas sudah saya lengkapi sesuai syarat pengajuan klaim dan informasi yang saya terima dari contact centernya.

Sekedar pembaca tahu, berkas dari rumah sakit yang diminta pihak Chartis harus ASLI semua, dan itu sudah saya penuhi. Termasuk juga dengan form standar pengajuan klaim dari Chartis yang harus diisi tertanggung dan juga diisi dokter. Form tersebut sudah diisi dengan lengkap tanpa ada yang kurang sedikitpun. Dibagian isian yang harus diisi dokter, rincian daftar pertanyaannya sangat detail dan mungkin bisa dikatakan lebih lengkap ketimbang Resume Medis pada umumnya. Berkas lengkap saya kirimkan ke pihak chartis tanggal 16 April 2012 dengan kilat khusus, dan saya cek sudah diterima pertanggal 17 April 2012 oleh pihak chartis.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari mereka, proses klaim membutuhkan waktu proses hingga 14 hari kerja sehingga perkiraan selesai adalah tanggal 4 Mei 2012. Namun tiba-tiba tanggal 28 April 2012 (Sabtu) saya menerima surat dari pihak Chartis yang isinya menyampaikan bahwa proses klaim masih harus menunggu konfirmasi dengan dokter yang merawat saya di Rumah Sakit dan itu membutuhkan waktu hingga 10 Minggu.

Alasannya karena nomor telepon Rumah Sakit tidak bisa dihubungi. Saya tidak tahu apakah ini alasan mereka saja untuk mengulur-ulur batas waktu klaim atau memang suatu SOP yang harus dilalui dengan harapan customer yang klaim lupa dengan klaimnya sehingga Chartis tidak perlu mencairkan dana klaim customer. Karena kalau alasannya sulit menghubungi pihak rumah sakit, saya pun sering menghubungi pihak rumah sakit untuk proses kontrol melalui nomor telepon yang sama, dan bisa tersambung. Seharusnya kalau memang pihak Chartis serius untuk memberikan pelayanan kepada customer, tidak menjadikan alasan kesulitan proses yang harus mereka lalui untuk mengorbankan customer dengan mengabaikan kualitas layanan bahkan nama baik mereka.

Ini sebagai pelajaran bagi pembaca, bahwa hal terpenting dari sebuah asuransi bukan masalah preminya yang murah atau manfaatnya yang besar, melainkan adalah proses klaimnya yang tidak bertele-tele dan mencari-cari alasan agar klaim tidak cair alias mempersulit proses klaim. Semoga pihak Chartis membaca keluhan saya ini dan dapat menyelesaikan apa yang menjadi tugasnya secara professional dan efisien serta efektif dalam hal waktu. Saya tidak menginginkan ditelepon Chartis untuk penjelasan yang sama, tapi bila mau menunjukan bahwa Chartis memang Asuransi yang Profesional dan layak untuk dimiliki oleh customer dengan menyampaikan kapan dana klaim cair, silahkan. Terima kasih pada kompas.com yang telah memuat keluhan saya.

Salam,

Rika Wiyatna
Pakujaya Serpong
Tangerang

Tanggapan

Yang terhormat, Ibu Rika Wiyatna Saat ini permasalahan yang ibu utarakan sedang kami selidiki dan menjadi prioritas kami untuk segera ditindaklanjuti. Kami senantiasa berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh nasabah kami. Kami akan segera mengubungi ibu atas hasil tindaklanjut yang dilakukan. Terimakasih atas kepercayaan ibu untuk menggunakan asuransi kesehatan Chartis.

Salam kami,

Chartis Indonesia

Annastashya Emmanuelle
Chartis Insurance Indonesia
Indonesia Stock Exchange Building, Tower 2, Fl. 3 & 3A
Jakarta

sumber: http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/32003

Tags: , , ,

%d bloggers like this: