Skip to content

surat pembaca online

Suarakan Keluh Kesahmu lewat Surat pembaca

Saya melakukan transkasi transfer melalui Internet Banking Mandiri – Transfer Rekening Online pada tanggal 27 April 2012 18:28 sebesar Rp. 3 juta dari rek Mandiri 1040004031*** a/n saya ke rek OCBC NISP 010810054*** a/n saya. Saya mendapatkan notifikasi internet bahwa “Transaksi masih dalam Proses” dan history transaksi setelah logout sebagai “Transaksi tidak berhasil”.

Namun, yang terjadi adalah rekening Mandiri saya sudah didebet dan ketika cek saldo NISP, transfer tersebut belum masuk. Bukti transfer no. 99163117017 Usaha menghubungi Call center Mandiri, mengatakan bahwa saya harus mengajukan pengaduan ke cabang terdekat. Kemudian saya mengajukan pengaduan ke Mandiri terdekat tanggal 30 April dan harus menunggu 15 hari kerja untuk diinvestigasi. No pengaduan C120430-12218-003351.

Yang saya sesalkan adalah:

1. Tidak ada nomor callcenter PT. Artajasa yang tersedia di website Artajasa sehingga dapat memudahkan komplain langsung ke Artajasa.

2. Mengapa nasabah harus mengajukan pengaduan ke cabang terdekat jika memang bukan kesalahan nasabah dan murni kesalahan bank/artajasa. Seharusnya untuk hal seperti ini pengaduan dapat dilakukan melalui email/telepon saja dan tidak merepotkan nasabah.

3. Mengapa butuh 15 hari kerja untuk melakukan investigasi. Apakah tidak bisa lebih cepat? Bayangkan jika ada banyak nasabah yang bermasalah, berapa banyak uang yang mampet di Artajasa, berapa besar interest yang tidak dapat diterima oleh nasabah-nasabah lain selama 15 hari (opportunity cost).

Mohon agar Service Level Artajasa ditingkatkan, hal-hal seperti tidak seharusnya terjadi dan prosedur dan waktu untuk melakukan pengaduan diefisienkan. Dan harus ada call center PT. Artajasa untuk nasabah yang ingin melakukan pengaduan. Terima kasih. Mohon ditindaklanjuti oleh pihak bank/Artajasa.

Muhammad Hardiyan
Jl. Pancoran Barat II No. 1
Jakarta

Tanggapan

Tanggapan Surat Pembaca Menanggapi surat pembaca kiriman Bapak Muhammad Hardiyan yang dimuat di Kompas.com pada Senin, 30 April 2012 dengan judul “Transfer ATM Bersama Tidak Sampai Ke Tujuan”, bersama ini disampaikan bahwa saat ini kami masih menunggu proses klaim dari Bank Mandiri selaku Bank Penerbit Kartu terkait transaksi tersebut, karena data lengkap mengenai transaksi tersebut merupakan milik Bank Penerbit Kartu. Kami akan segera melakukan investigasi lebih lanjut, bila telah memperoleh data transaksi tersebut dari Bank Penerbit Kartu. Sesuai dengan standar prosedur di ATM Bersama, untuk prosedur penyelesaian pengaduan nasabah sepenuhnya merupakan kebijakan dari masing-masing Anggota ATM Bersama, termasuk penyelesaian pengembalian dana nasabah. ATM Bersama tidak menahan dana nasabah atas permasalahan transaksi yang terjadi. Kami senantiasa meningkatan service level di layanan ATM Bersama, sehingga nasabah maupun Anggota ATM Bersama dapat dengan nyaman melakukan transaksi di layanan ATM Bersama. Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih atas kepercayaan Bapak Muhammad Hardiyan dalam menggunakan layanan ATM Bersama.

PT. ARTAJASA PEMBAYARAN ELEKTRONIS

THOMAS ARUNDITYA M, Corporate Affairs Senior Manager
PT Artajasa Pembayaran Elektronis
Menara Thamrin Lt. 6, Jl. M.H. Thamrin Kav 3
Jakarta

sumber: http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/32008

Tags: , , , , ,

%d bloggers like this: