Skip to content

surat pembaca online

Suarakan Keluh Kesahmu lewat Surat pembaca

Saya adalah calon pelanggan Speedy Telkom yang mendaftar pada tanggal 21 April 2012 lewat telpon 147 untuk rumah saya yang baru saya tempati.

Pada tanggal 24 April 2012 saya dihubungi oleh seseorang yang mengaku teknisi Telkom yang menyatakan akan survey dan mengambil foto kopi KTP dan Kartu keluarga.

Beliau juga langsung meminta biaya pemasangan sebesar Rp. 430.000 dengan alasan lokasi rumah saya cukup jauh dari kotak sentral kabel telepon. Setelah negosiasi teknisi setuju biayanya cukup dibayar Rp 400 ribu saja yang dibayarkan saat selesai survey dan pengambilan dokumen sebesar 200 ribu sedangkan sisanya dibayar keesokan harinya tanggal 25 April 2012 setelah pemasangan.

Pada hari itu juga (24/4) beliau langsung kerumah, namun istri saya lupa meminta bukti kwitansi pembayaran dari teknisi tersebut dan tidak minta surat tugas karena yakin orang tersebut orang Telkom karena memakai seragam Telkom.

Esok harinya sekitar jam 14:30 saya menghubungi teknisi tersebut dan dia menyatakan sedang bersiap menuju rumah saya untuk melakukan instalasi. Tapi setelah ditunggu hingga jam 17:30 belum juga datang.

Saya menghubungi 147 untuk mengetahui status pendaftaran saya dan customer service mengatakan bahwa bisa langsung diinstalasi bila sudah disurvey.

Saya juga menceritakan mengenai teknisi yang telah datang kerumah dan customer service meminta saya menunggu dalam 3 sampai 7 hari untuk menunggu hasil pengecekan.

Dua hari kemudian (27/04), saya mendatangi kantor Telkom di Bumi Serpong Damai (BSD), disini customer service mengatakan bahwa saya sudah tertipu, karena Telkom dipastikan belum menerima biaya yang sudah saya keluarkan.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah, dari mana teknisi ‘gadungan’ tersebut mengetahui bahwa saya sedang dalam proses pengajuan pemasangan Speedy?

Seharusnya pihak Telkom harus lebih customer service dalam menangani registrasi pelanggan baru, ketidaklengkapan informasi prosedur pendaftaran ini juga menjadi salah satu penyebab terjadi penipuan ini.

Dari kejadian ini jelas saya dirugikan, rugi materi (uang), waktu (menunggu di survey entah kapan) juga banyak tugas-tugas pekerjaan saya terhambat karena tidak adanya koneksi internet dirumah.

Ronald Fargo
Perumahan Puri Husada Agung Blok D13 Gunung Sindur, Bogor
ronald.fargo@gmail.com
082111717565

sumber: http://suarapembaca.detik.com/read/2012/04/30/145344/1905019/283/tertipu-teknisi-telkom

Tags: , ,

